Membangun
Relasi dalam Media Relations
Persaingan
yang semakin ketat terutama dalam bidang bisnis membuat perusahaan/ organisasi
berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas dari segi media relations. Media
relations sangat penting bagi perusahaan. Mengapa media relations
dikatakan sangat penting? Karena media relations
dapat membantu memajukan perusahaan/organisasi dengan melakukan komunikasi
antara pihak organisasi dan media untuk mencapai suatu kesepakatan dalam
meningkatkan citra perusahaan.
Media relations (adalah "Suatu
tindakan yang dilakukan oleh Praktisi Humas sebagai kegiatan Public Relations Eksternal dengan media
massa (elektronik dan cetak) sebagai langkah - langkah untuk membangun hubungan
baik dengan media massa yang nantinya akan berdampak pada pemberitaan informasi atau pesan dalam media massa itu
sendiri guna mempertahankan citra positif dari suatu organisasi yang
dinaunginya". Menurut Yosal Iriantara, 2005 Media Relations merupakan bagian dari Public
Relations Eksternal yang membina dan mengembangkan hubungan baik dengan
Media Massa sebagai sarana komunikasi antara organisasi dengan Public untuk mencapai tujuan
organisasi) atau yang awalnya lebih populer dengan istilah press relations merujuk pada relasi
suatu organisasi dengan media cetak sehingga, cenderung memiliki cakupan arti
yang lebih terbatas. Dari limitasi ini kemudian berkembang menjadi media relations yang bersifat cetak,
elektronik bahkan interaktif-maya (cyber)
dengan kehadiran PR online via internet. Pada masa pemerintahan presiden
Soeharto,menteri Penerangan, Harmoko mencetuskan gerakan Kelompencapir (
Kelompok pendengar, pembaca dan pemirsa) yang dimaksud sebagai alat untuk
menyebarkan informasi dari pemerintah. Harmoko pun dinilai berhasil memengaruhi
hasil pemilihan umum (Pemilu) melalui apa yang disebut "Safari
Ramadhan". Sebagai Ketua Umum DPP Golkar, Harmoko dikenal pula sebagai
pencetus istilah "Temu Kader". Terakhir, ia menjabat sebagai Ketua
DPR/MPR periode 1997-1999 yang mengangkat Soeharto selaku presiden untuk masa
jabatannya yang ke-6. Perkembangan media
relations semakin berkembang hingga pada tahun 2017 ketika pemberitaan
produk yang memiliki BPOM hingga sampai sekarang pemberitaan
BPOM semakin berkembang dan pemberitaan tentang label halal.
Di sisi lain media
relations juga memiliki fungsi dan jenis. Fungsi media relations yaitu:meningkatkan citra perusahaan, meningkatkan
kepercayaan publik terhadap produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dan
meningkatkan relasi dari beragam publik, seperti terhadap lembaga pemerintahan,
perusahaan-perusahaan, organisasi kemasyarakatan, maupun individu. Jenis-jenis
media relations yaitu: Press Conference (Konferensi Pers) —mengundang wartawan untuk berdialog dengan materi yang
telah disiapkan (Press Kit, Media
Kit), Press Briefing (Jumpa Pers) –penyampaian informasi dalam sebuah kegiatan dan Special Event—kegiatan khusus yang melibatkan media, misalnya
menjadi sponsor lomba penulisan jurnalistik.
Melihat uraian di atas dapat disimpulkan bahwa ketika organisasi
ingin memperluas suatu usaha harus mengetahui jenis, fungsi dan memanfaatkan
teknologi sekarang ini yaitu media relations
dengan membangun relasi antara organisasi dan media.
Daftar pustaka
Romeltea. 2012. Pengertian dan Teknik Media Relations-Hubungan Media. Pengertian dan Teknik Media
Relations ...romeltea.com › Humas. 21 September 2017
Galuh candra. 2013. Hubungan Media Atau Media Relation
Dalam Konteks Humas. http://ciptakanide.blogspot.in/2013/09/hubungan-media-atau-media-relations.html?m=0.
21 Septembet 2017
Iwan Awaludin Yusuf.2001. Pentingnya Media Relations
bagi Sebuah Lembaga.https://bincangmedia.wordpress.com/2011/04/09/pentingnya-media-relations-bagi-sebuah-lembaga/amp/.
21 September 2017
0 Comments